Cara mengatasi HP Android Tidak Mau Start, BootLoop, atau mati Total

image

Apakah Anda pernah mengalami HP Android tiba-tiba tak mau restart atau bootloop ? Ya, cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pilihan “factory reset” via Recovery Mode.Factory Reset merupakan cara pintas untuk mengembalikan atau mengkondisikan software Android ke posisi awal bawaan pabrik. Secara umum, pilihan Factory Reset bisa menjadi solusi untuk sebagian besar permasalahan tablet atau HP Android, hanya saja langkah ini memiliki resiko kehilangan seluruh data dan aplikasi yang sudah terinstall atau tersimpan dalam internal memori. Namanya saja solusi terakhir, mau nggak mau ya harus ada yang dikorbankan.Untuk melakukan “Factory Reset” berikut langkahnya :Pilih menu“Settings”(pengaturan), lanjut“Privacy”(privasi), kemudian“Factory data reset”(reset data pabrik).Bagaimana kalau HP Android tidak mau masuk ke menu ? bahkan tidak mau distart sama sekali ?.Dalam kasus seperti ini Anda harus melakukan factory reset dengan cara recovery mode.Apa yang dimaksud Recovery Mode ?, Recovery Mode adalah sebuah menu pilihan yang memungkinkan bagi kita untuk memperbaiki adanya kerusakan software pada Android. Namun tidak semua HP/tablet Android ada pilihan seperti itu, dan untuk alternatif solusinya bisa memakai Recovery Mode buatan pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery.Fungsi dari Recovery Reset itu sendiri diantaranya adalah :
1.Jika HPAndroid tidak mau start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut bootloop Android).Penyebabnya adalah, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
2.Jika HPAndroid dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
3.Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
4.Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut.Tahap
1. Masuk ke recovery mode Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > Anda akan masuk ke dalam recovery mode.Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan di dalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).Tahap
2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur“Wipe Data / Factory Reset”setelah itu restart handphone Anda.

NB :Pada masalah BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak memberikan solusi berarti (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka langkah penyelesaian pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone)

Posted from WordPress for Priyo Nuswantoro

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s